Bantencorner’s Weblog


BUKU: Menjadi Orang Banten
November 7, 2007, 3:53 am
Filed under: Pustaka

pict0175.jpg 

 Refleksi Seorang Wartawan tentang Banten

Judul : Menjadi Orang Banten, Refleksi Seorang Wartawan tentang Banten

Penulis : Abdul Malik

 Penerbit : Suhud Sentrautama dan Rumah Dunia

Tahun Terbit : 2004 (Februari)

Tebal : 150 halaman

Menjadi Orang Banten. Begitulah buku ini diberi judul. Sebuah buku berisi 40-an catatan penulis yang dimuat  di Harian Banten (kini Radar Banten) sejak tahun 2001 hingga tahun 2003. Sebagian besar tulisan termuat di kolom Refleksi yang kini sudah ‘almarhum’, namun ada di antaranya yang dimuat di media lain.

Secara subyektif, buku ini berkisah tentang ‘kegelisahan’ penulis tentang kampung halamannya, Banten, yang selama kurun waktu tersebut ramai dengan gonjang-ganjing politik. Namun demikian, buku ini paling tidak bisa dijadikan semacam bahan awal bagi mereka yang ingin melihat dan mengetahui Banten pada masa-masa awal menjadi provinsi.

Selain kegelisahan tadi, buku ini juga berisi tentang ‘persentuhan’ penulis sebagai jurnalis dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Banten selama kurun waktu tersebut. Karena itu, tak berlebihan bila buku Menjadi Orang Banten memiliki kontribusi dalam mendokumentasikan rekam jejak selama tahun-tahun pertama Banten sebagai provinsi.

Buku setebal 149 halaman ini terbagi dalam tiga bagian. Bagian Pertama (Membangun Jatidiri), berisi kumpulan tulisan tentang persoalan-persoalan jatidiri Banten yang mlai hilang dan kini kembali banyak diperbincangkan. Dalam tulisan-tulisan itu, penulis mencoba ‘menyelipkan’ barang satu atau dua gagasan bagaimana membangun kembali jatidiri Banten.

Bagian kedua (Gonjang-Ganjing Politik), berisi tulisan-tulisan hasil rekaman penulis terkait dengan suasan politik pasca Provinsi Banten berdiri. Di antaranya tentang ribut-ribut pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Sedangkan bagian ketiga (Banten di Persimpangan) berisi tulisan-tulisan antara lain tentang ketidakjelasan arah Provinsi Banten. Dalam arti lain, Banten menjadi provinsi yang serba tanggung, belum memiliki semacam ruh yang patut dibanggakan, dan kini posisinya berada di persimpangan.

Buku yang diterbitkan oleh Suhud Sentrautama dan Rumah Dunia pada Februari 2004 lalu, ini dicetak sebanyak 500 eksemplar, dan kini telah terjual habis. Adapun yang tersisa di tangan penulis tinggal satu eksemplar saja.***


2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

AUTHORIZIED DEALER PULSA ELEKTRONIK 1 CHIP ALL OPERATOR ( kartunya 1 operatornya banyak ) menyediakan sistem pulsa online bisa ditransaksikan dimana saja dan kapan saja. dengan harga murah dan modal ringan, kami siap jadi patner bisnis anda salam sukses selalu. silahkan kunjungi website kami http://www.centuryjava.com TEBARKAN RAHMAT MEMBERDAYAKAN UMAT

Komentar oleh CENTURY JAVA

berat jadi orang banten bung

Komentar oleh dail




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: